tragedi prasangka 19 sept 08 - input publik utk AMDAL baksil

Minggu, 21 September 2008
19 sept 08, sekitar jam 14.30-an
A: ikut yuk ada forum pemkot-publik-developer
B: sekarang gw ga bisa, bntar lagi lah
A: udah mau brgkt bgt
B: ya udah gw ga ikut. mulainya jm brapa?
A: katanya sih jam 3

19 sept 08, sekitar jam 15.30-an
B: boleh nyusul pake sendal jepit ga?
A: yaudah cepetan
B: udah mulai? ada siapa aja yg dateng?
A: harusnya udah mulai tapi blom ada siapa2 nih
B: yaudah gw nyusul ksana

19 sept 08, sekitar jam 16.00-an
gw dateng, ada nita, hanif, nanta, raka, teja  lagi nunggu di lobi.
ternyata masih blom mulai.. setelah diselidiki, ternyata undangannya tuh acara jam 16.00 WIB, dan acara itu merupakan forum masukan dari publik untuk bagian dari AMDAL pembangunan di babakan siliwangi. tapi kok undangannya ga jelas gini ya?

trus orang2 yg vokal dalam menentang pembangunan di baksil ternyata lagi pada ga ada di bandung.. nia pontoh (dosen planologi itb), hertifah (ketua ikatan alumni planologi itb), ridwan kamil (pengamat & dosen arsitektur itb), gustaf (ketua commonroom) lagi di luar bandung. kok mereka bisa ga ikutan forum ini sih, ada undangannya kan? oooooowwww, ternyata undangannya "baru terkirim" beberapa jam sebelum acara (seharusnya) dimulai, kira2 jam 13.00-14.00an lah.. kok gitu ya?

kami menunggu, menunggu dan menunggu di sebuah ruangan (untungnya) ber-AC. tapi bikin ngantuk!! trus di belakang ruangan ada makanan untuk buka puasa disediain sama pihak developer. waduhh, lama banget!! lama apa? lama buka puasanya, atau lama forumnya dimulai???? sambil nunggu, kami ngamatin orang2 yang udah ada di sana, ada yang cina (dari pihak developer), ada yg gondrong metal (dari seniman), ada yg rapi banget kaya mo kondangan (entah lurah atau apa), lagi pada ngumpul bareng, mungkin setting forum.. mau nge-set pembenaran atau pengalihan forum ke arah mana ya? (hmmm, prasangka!)

19 sept 08, sekitar jam 17.00-an
karena lama banget nunggu, kami nanya ke resepsionis tentang waktu undangan dan/atau jadwal booking ruangan. katanya ruangan di-book dari siang sampe magrib. waduh, klo pun jadi ada forum, berarti cuma sejam dong, emang cukup? banyak bgt pertanyaan dan keberatan gtu..ah liat gimana ntar lah!!
 setelah kami liat2 lagi, ternyata dari kalangan seniman kebagi jadi 2 blok. ada blok yang ngumpul bareng developer, ada blok lain yang ngumpul sendiri atau gabung ke mahasiswa.wartawan juga udah nunggu..

intinya sejam berikutnya kami menunggu, menunggu dan menunggu.. 
entah nunggu apa..

19 sept 08, buka puasa!!!!
MAKANNNNNN!!!!!! enak2 euy, ada es buah, ada kolak pisang, ada kurma, ada happytos. utk makan beratnya ada sop, ada daging. beeuuhhh, pada kelaperan makan sampe lebih dari 2 ronde..

19 sept 08, 19.15-an
akhirnya, forum dibuka!!!!!!
yg dateng: developer (PT. EGI), SOS (sanggar olah seni, baksil), komisi LH, BPLH, wartawan, warga.
intinya, (katanya) mereka butuh masukan dari publik utk bahan AMDAL. oiya, menurut mereka, publik berarti warga yang berada di dalam lingkup pembangunan saja, bukan lingkup kota/kabupaten atau bahkan nasional (heran juga nih soal ini, pembangunan kan melibatkan RTH dan RTH kan milik seluruh warga kota, bahkan milik nasional).
trus mereka bilang, IMB baru bisa dibuat setelah ada AMDAL, dan pembangunan baru bisa dibuat setelah ada IMB (padahal sebelumnya sempat ada statement dari distarcip bahwa IMB udah ada, dan statement berikutnya dari distarcip: IMB sedang diproses. sekarang statement dari BPLH dan developer: AMDAL aja belom, apalagi IMB!!).

belum ada gambar/denah rencana bangunan, tapi yang mau dibangun adalah restoran (gantiin restoran lama yg kebakar taun 2004) dgn luas bangunan 20% dari luas babakan siliwangi. 80%-nya adalah tetap sebagai RTH. fungsi lainnya adalah ruang publik (amphiteater terbuka, saung2an). ditegaskan lagi ga ada bioskop dan condominium. tapi pertanyaan tentang jumlah lantai bangunan tidak terjawab (atau tidak dijawab?? hmmm prasangka lagi!). ga dijelasin juga tentang lahan parkir, apakah udah terdapat di 20% lahan itu atau ngga. soal pengembangan bangunan nantinya, developer bilang akan membangun apa pun yang memungkinkan dalam batas luas bangunan 20% itu (eh 20% tuh luas horisontal kan? luas vertikalnya bebas kan?).

woi, fokus dong!! ini kan forum masukan, bukan forum tanya jawab!!
yaelah utk ngasih masukan juga kan kita perlu tau rencana2 pembangunannya dan hasil analisa dari ahli2 yang berwenang..
1) saat ditanya tentang kemungkinan dampak sosial dari pembangunan, jawaban mereka "ini di luar wewenang kami"
2) saat ditanya tentang kemungkinan bentuk dan luas bangunan, jawaban mereka "jawabannya masih nunggu hasil AMDAL"
3) gw lupa pertanyaan2nya apa aja, tapi beberapa kali gw denger jawaban "oh, ini wewenang bapeda.. oh ini wewenang dinas pariwisata.." hmmm klo segitu banyak wewenang, kenapa mereka ga dihadirkan di forum itu yah??? (walah, prasangka lagi deh!)

hmmm, jadi sebenernya mereka butuh masukan apa sih dari publik? warga yg dateng juga cuma SOS yang dari lingkungan babakan siliwangi. mahasiswa juga ternyata ga diundang, bahkan mereka terlihat kaget pas ngeliat ada mahasiswa dateng (salah satu dari developer nanya: "tau dari mana ada forum ini?"). oiya, pihak SOS juga ternyata kepecah di forum (antara yg ngumpul sendiri/gabung mahasiswa dengan yang ngumpul bareng developer dan BPLH)

gw ga tau sih yang lain gimana, tapi gw ngerasa diputer2 dengan adanya forum ini. forum ini mentahin semua informasi yang udah kita punya sebelomnya. tapi forum ini sekedar menghilangkan informasi, tidak memberi informasi baru. ga ada draft AMDAL yang dipaparin untuk bisa dikritisi. ga ada draft bentuk bangunan utk dikritisi. undangan yang amat-sangat-mendadak-sekali-banget ga memungkinkan publik utk nyiapin data-data utk ngasih masukan, cuma bisa mengkritisi.

jadi sebenernya, ini forum apa?
buka bareng sambil basa-basi soal baksil????
atau sekedar nanggepin dan mentahin teka-teki babakan siliwangi?
(lagi-lagi prasangka...)


-------------------------------------------------------------------------------------

0 komentar:

Poskan Komentar