merdeka!!

Jumat, 15 Agustus 2008
17 agustus 1945, sukarno/hatta memproklamasikan kemerdekaan bangsa indonesia;
"kami bangsa indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan indonesia. hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.."

proklamasi = proclaim = klaim/pernyataan sepihak
kemerdekaan = independence = ketidakbergantungan/mandiri

benar bahwa bangsa indonesia telah melakukan proklamasi kemerdekaan, tapi benarkah indonesia sudah merdeka?

merdeka adalah pilihan, dan konsekuensinya adalah bekerja keras, mengandalkan daya juang dan daya pikir sendiri.. sudahkah kita menanggung konsekuensi2 itu? jika belum, sudah siapkah kita menanggung konsekuensi2 itu? jika belum siap, kapankah kita akan siap?

indonesia terbentuk karena ada wilayah dan ada penduduk, kita adalah penduduk yang mendiami suatu wilayah.. berarti indonesia terbentuk karena ada kita.. dengan demikian, setiap diri kita adalah indonesia, saat kita menyatakan bahwa indonesia merdeka, berarti kita menyatakan bahwa setiap diri kita adalah merdeka.. dan saat kita menyatakan diri kita merdeka, berarti kita menanggung segala kebutuhan hidup kita sendiri tanpa bergantung kepada pihak lain..

mari kita bercermin kembali ke pengalaman hidup kita masing2,
apakah kita sudah bisa memenuhi kebutuhan hidup kita sendiri?
apakah kita sudah tidak bergantung kepada orang lain?
apakah kita percaya bahwa diri kita bisa memenuhi segala kebutuhan hidup kita masing2?
apakah kita berani untuk berjuang sendiri untuk hidup kita?

mari kita renungkan, setelah pertanyaan2 itu terjawab, maka kita secara otomatis juga bisa menjawab pertanyaan apakah indonesia sudah merdeka atau belum..


-------------------------------------------------------------------------------------

1 komentar:

Mr.Jannes mengatakan...

menurut gw jaman belum merdeka.
salah satu di daerah rumah gw ni, yaitu jalanan umum di daerah deket rumah gw masih aja adanya pematokan jalan( dipersempit). berarti ini merupakan penjajahan oleh bangsa sendiri. artinya negara kita masih miskin kemerdekaan

Poskan Komentar