fenomena awal bulan

Senin, 09 November 2009
1. refresh akademik
setelah 2 minggu ngutak ngatik materi kuliah utk persiapan uts, begitu beres musim uts langsung ilang lah semua beban. refreshing!! pikiran tiba2 jadi ngeblank karena ga tau lagi mau mikirin apaan (padahal kuliah masih ada!). akhirnya berpaling lah gw ke tawaran proyek sebuah tim di kampus. masih berkisar soal akademis, awalnya ada 3 modul sisa, tadinya gw ngincer yang sesuai sama TA gw, ternyata udah diambil sama temen gw, jadilah gw ngambil modul sisa, yaitu materi yang sama sekali ga gw ngerti (karena ngambil satu kali doang mata kuliahnya langsung lolos).

sempet mikir2 banyak sih soal ngambil modul ini atau ngga, karena gw bener2 blank sama materinya tapi akhirnya gw pikir ga ada salahnya lah klo pun mesti buka-buka bukunya lagi. dan ternyata setelah gw buka bukunya, karena yang dibutuhin untuk kontennya tuh masih sangat umum (gambaran konsep umum) jadi ga terlalu ribet dan gw malah nemuin materi di sana ternyata nyambung juga sama TA gw. yah semoga aja gw ga salah nangkep konsepnya.

2. reinstall komputer
akhir oktober tiba2 monitor gw mati total. semaleman gw abisin tanpa komputer, bosen juga (kebiasaan sehari-hari di depan komputer), positifnya sih gw lebih leluasa bersosialisasi sama anak2 kosan tanpa ada 'tekanan' dari komputer. besoknya gw bawa tuh monitor ke tempat reparasi deket kosan gw. berharap bisa dibenerin saat itu juga, tapi ternyata mesti nginep dulu sehari. yaudah deh berarti mesti ngelewatin hari itu dan besoknya tanpa komputer. untung ketemu sama 'laptop bispak' punyanya sih pemilik 'motor perek' yang digilir melulu sama anak2 kosan gw. gw pake tuh laptop bispak sampe monitor gw beres dan bisa dipake lagi.

mulailah gw membabi buta lagi sama komputer dan internet gw, tiba2 dateng email dengan sender facebook, yang isinya sebuah program executable yang katanya untuk security password facebook. tanpa pikir panjang (bego banget!!) langsung gw donlot tuh program dan gw eksekusi. awalnya ga ada efek apa2 sampe gw matiin tuh komputer gw. begitu gw nyalain komputer berikutnya windows explorer ga bisa kebuka dan hang. coba aktifin antivirus ngehang juga. ga ada pilihan lain, (lagi-lagi) reinstall!!

3. renovasi kamar
awalnya tiap gw ke kamar mandi selalu ada tetesan air dari jendela kamar mandi. kamar mandi mepet sama kamar gw. besoknya gw mulai kawatir sama tetesan air itu karena dia netes dari celah kabel lampu kamar mandi (bisa korslet nih!) dan gw ga nyalain lampu kamar mandi sejak saat itu. baru setelah itu gw penasaran dari mana asal air itu, dugaan gw dari kamar mandi lantai atas gw, ada yg bocor dan rembes lewat tembok. gw kira ga bahaya selama gw ga nyalain lampu kamar mandi.

malem itu gw tidur di kosan temen, pas gw balik besoknya gw nemuin ada genangan air di kamar gw, pas di jalur bekas pembobolan lantai kos gw sebelumnya. gw pikir ini efek samping dari pembobolan lantai, trus gw ambil pel dan gw bersihin tuh genangan (untung ga kena aliran listrik apa pun). setelah kering gw tunggu bentar sambil gw liatin tuh bekas bobolan lantai, tapi kok ga ada air keluar lagi. mulai deh curiga lagi jangan2 bukan dari lantai. pas gw mau nutup gorden jendela kamar, ternyata gorden gw basah. baru gw ngeh ternyata ini akibat rembesan yang sama dengan tetesan di kamar mandi. saat itu juga lapor ke ibu kos, baru tadi siang diberesin.

4. review makna sebuah hubungan
2 tahun terakhir ini banyak temen-temen, kira2 masih sepantar gw lah, pada nikah. yang gw tangkep dari mereka tuh mereka coba untuk ngeharmonisin 2 kehidupan sejak awal (dari masa-masa seumuran gw yang notabene adalah masa penanaman cita-cita dan perjuangan awal untuk menggapainya). konsekuensi (disadari atau pun tidak) dari harmonisasi sejak awal ini tuh sejak awal cita-cita mereka dengan pasangannya masing-masing adalah sama. mereka emang membentuk satu cita-cita untuk dicapai bersama. perjuangan bersama sejak awal.

kemarin gw ke jakarta untuk dateng ke pernikahan tante gw dengan orang yang sekarang jadi om gw. masing2 udah berkeluarga, single parent dengan 2 anak. mereka bersahabat udah lama, bahkan anak mereka juga ada yang bersahabat. setelah sekian lama masing2 berjuang sendiri untuk ngehidupin dan nyekolahin anak2nya, mungkin ada juga titik jenuh dan ngerasa sendirian. gimana pun juga ada pasti keinginan untuk tua bersama orang yang kita sayang. di sana lah arti lain dari sebuah hubungan berpasangan, untuk share kehidupan masing-masing dan saling support. beda sama peristiwa kawinan temen2 gw, kawinan ini bener2 nggambarin pernikahan sebagai simbol irisan dari kehidupan 2 mahluk independen yang udah sampai ke batas maksimalnya dalam berjuang sendiri.

ga ada yang bener dan ga ada yang salah dari dua penggambaran pernikahan tadi, semuanya balik lagi ke cara kita memandangnya aja. untuk gw pribadi, gw sangat suka dengan pernikahan tante gw karena dia udah berjuang maksimal sebagai 'mahluk yang mandiri' sampai menemukan lagi kodratnya sebagai 'mahluk yang butuh teman'. bener2 sebuah perjalanan dan pencarian hidup yang maksimal.

5. reconsider ego
sering banget gw mengucap hal-hal yang ga seharusnya gw ucap. entah itu ucapan kosong, atau juga ucapan yang emang ada artinya, tapi ternyata artinya salah (maafin gw kawan2). smua itu dimulai dari sebuah ego yang mungkin berlebihan. gw yang cuma segini gini aja mencoba meninggikan diri melalui ego lewat ucapan-ucapan atau tindakan-tindakan sembrono dan kadang sok tau. ini hal yang terus-terusan gw evaluasi sejak jaman gw blom kenal internet sampe setiap hari ketemu sama internet.

gw cuma seorang yang banyak ga tau dengan sejuta pertanyaan yang ga semuanya akhirnya bisa kejawab, dan pada saat tertentu gw ngrasa lebih hebat dari yang lain karena gw ngerasa pernah mempertanyakan itu lebih dulu dari yang lain (yah ini perasaan doang, sombong yah..) walaupun sebenernya gw dan yang lain sama aja ga taunya akan sesuatu itu. kepikiran terus sama komentar seorang temen gw di komen notes fesbuk temen gw yang lain "gw gapapa jadi/disebut bodoh, asalkan gw tau semua jawaban dari semua pertanyaan yg pernah gw tanyain..". makasih kawan2, maafin semua kesombongan gw, gw perlu belajar banyak dari kalian..


-------------------------------------------------------------------------------------

8 komentar:

pelangi anak mengatakan...

HALLOW PA KABAR MAS....

WAH POSTINGNYA KAYA PELANGI, WARNA-WARNI HE..HE.HE...TAPI ASIK JUGA UNTUK DIBACA. SEMUA ADA LESSON-LEARNED YANG BISA DIPETIK.

OIYA, SAYA JUGA SEDANG MENATA DAN MENERTIBKAN WAKTU UNTUK MENYONGSONG UJIAN MINGGU DEPAN. YAH, SEMOGA SEMUA BISA BERJALAN SESUI RENCANA.

SIP, KEEP ON POSTING AND HAVE A GREAT MOMENT!

bimo mengatakan...

warna warni ya, maklum lah apa yang lagi lewat di kepala yang ditulis, emang ga ada tema khusus hehe
makasih perhatiannya

Sari mengatakan...

Lagi kontemplasi rupanya....
Salam kenal yak... :)

minomino mengatakan...

waaw...another thing!
salam kenal :)

bimo mengatakan...

@sari iya nih lagi banyak evaluasi diri
@mino&sari salam kenal juga

indra hayadi mengatakan...

Fenomena awal bulan lu dengan fenomena awal bulan gw beda jauh gaz, entah kenapa tiap bulan selalu ada bagian "Bayar hutang kiri kakan" dalam fenomena awal bulan gw. Mudah2an bulan depan ga kaya gitu lg ^_^

bergas bimo branarto mengatakan...

hahaha sebenernya ga jauh beda ndra, cuma gw ga masukin aja soal utang2an di blog ini.. klo ga percaya tanya aja si amud hahaha

indra hayadi mengatakan...

Oia gaz gw mau tanya nih, gw mau nulis tentang sesuatu sumbernya dari buku gitu. Boleh ga sih gw copy paste ama gw edit isinya, padahal dibukunya dibilang kalau isi ga boleh dipublikasikan ulang tanpa seijin penerbit (biasalah tiap buku pasti ada giniannnya). Apa mesti gw terjemahin dulu trus nulisnya dengan gaya bahasa gw sendiri? oia tambahan, buku itu udah gw beli, bukasn hasil download.

Poskan Komentar