hectic yang menjadi santai....

Kamis, 15 November 2007
sering bgt kita ngerasain saat kita ga bisa fokus sama satu hal, misalnya kita punya 3 kerjaan yg harus diselesaikan. idealnya adalah ngerjain satu persatu menurut prioritas.. tapi entah kenapa kadang dalam kondisi kaya gitu kita ga bisa fokus dalam ngerjain satu prioritas, sering bgt kepecah sama (misalnya) tiba2 inget bahwa masih ada kerjaan lainnya, atau tiba2 dapet ide utk nyelesein kerjaan yg lainnya, atau macem2 lah, tapi intinya saat kita ngerjain suatu hal, perhatian kita ga bisa fokus cuma ke hal itu aja...

hmm, kadang2 bagus sih kaya gitu, tapi ada kecenderungan lebih besar bahwa kita bakal ngerasa hectic banget.. dan klo terjadi kondisi hectic di pikiran kita, semua kerjaan akan jadi kacau karena besar banget kemungkinan ada hal yg penting tapi terlewat sama kita.. betapa menyenangkannya klo kita bisa ngerjain sesuatu dengan santai (tapi tetep serius dan fokus)..
hectic atau santai adalah tools (sarana) utk ngerjain kerjaan kita.. itu adalah kerja yg dilakukan otak. klo menurut psikologi, kerja otak tuh dibagi jadi beberapa gelombang berdasarkan tingkat energi yg dibutuhkan otak.. berdasarkan urutan energi dari terbesar sampe terkecil, urutan gelombang otak tuh: 1) beta, 2) alfa, 3) teta, 4) delta.

1) beta = ga fokus ke satu hal, cemas, hectic
2) alfa = fokus ke satu hal, santai
3) teta = mimpi saat tidur, semedi, kreatif
4) delta = tidur tanpa mimpi, utk penyembuhan

nah, ke-4 gelombang ini tuh berkaitan dengan alam sadar dan bawah sadar. sadar dan bawah sadar tuh ada penghubungnya, dan si penghubung ini tuh punya semacam saringan. saat kondisi beta, saringan ini rapet banget (bisa sampe ketutup), saat kondisi alfa dan teta saringan ini kebuka sebagian, pas kondisi delta saringan ini kebuka banget.. khayalan dll tuh kan dari bawah sadar, nah klo kebuka tuh berarti khayalan atau kreativitas bisa ngalir, sementara klo ketutup (gelombang beta) kreativitas tuh jadinya mampet..

oiya, daya ingat, kreativitas, kebiasaan, kepribadian, citra diri, itu smua tuh adanya di alam bawah sadar.. hehehe, kebayang dong kalo lagi hectic (gelombang beta) kita bisa pikun bgt, ga punya kepribadian (gampang diarahin orang)...

hmm, koq malah ngomongin gelombang2an kerja otak sih? kerja otak itu tentu ada pemicunya.. jelas otak bekerja kalo kita lagi ngerjain suatu hal, tapi ternyata kadang kerja otak tuh ga efektif, ada energi lain yg dibutuhkan secara ga sadar, jadinya utk ngerjain hal kecil aja energi yg kepake tuh jadi gede dan akhirnya nyampe deh ke gelombang beta, padahal cuma hal kecil...
ternyata kadang secara ga sadar, otak kita tuh melakukan perlawanan.. perlawanan nih ada 2, perlawanan terhadap apa yg kita kerjain dan perlawanan terhadap lingkungan tempat kita beraktivitas..

misalnya si A dan si B lagi nongkrong bareng sambil ngobrol di tempat Z.. si A ada di gelombang alfa dan si B di gelombang beta. nah lo, kenapa bisa beda?

kemungkinan 1) si A tuh seneng ngobrol jadi dia enjoy aja, tapi si B tuh ga doyan ngobrol, jadi secara ga sadar dia melakukan perlawanan terhadap aktivitas ngobrol itu (bisa aja B ngerasa useless klo sekedar ngobrol, serasa NATO gitu... atau alesan apa pun, yg pasti dia secara ga sadar melakukan perlawanan)

kemungkinan 2) A dan B tuh sama2 seneng ngobrol, tapi si A tuh seneng ada di tempat Z sedangkan si B tuh ga seneng sama tempat Z (mungkin si B baru pertama kali ke tempat Z), dlm kasus itu, si B melakukan perlawanan terhadap lingkungan di Z, mungkin di Z itu panas dan B ga tahan panas, atau di Z itu ada musuhnya si B jadi si B terlalu berhati2..

nah pernah ada percobaan tentang kondisi itu, ternyata hasil percobaannya adalah si A cenderung lebih dominan dalam ngobrol, lebih kreatif, lebih bijak, dll dibandingin si B.. hal ini bisa terjadi karena A berada dalam gelombang alfa sehingga lebih santai dan ada kecenderungan nerima masukan dari orang dan lebih bisa ngolah masukan itu dengan kreativitasnya sehingga menghasilkan kesimpulan yg hebat. sedangkan si B (dalam kondisi gelombang beta), dia cenderung kaku dan ngotot dalam mempertahankan pendapatnya..

keliatannya ga nyambung ya? padahal nyambung bgt, itulah perbedaan mencolok kondisi gelombang beta dan alfa... dalam suatu negosiasi, gelombang alfa tuh dibutuhkan banget, utk ngerjain suatu kesenian juga gelombang alfa dibutuhkan banget, utk ngerjain soal2 fisika juga ternyata butuh kreativitas yg ga bisa dihasilkan oleh gelombang beta (lagi2 gelombang alfa)...
hmm klo kaya gini, smua orang pengen lah selalu dalam kondisi alfa..

yang pasti mau pake gelombang yang mana, itu adalah pilihan, dan masing2 bebas make metode apa pun utk mendapatkan gelombang alfa dlm otaknya...


DAMAIroom Sociotech 'n Art, 151107
bergas bimo branarto


-------------------------------------------------------------------------------------

0 komentar:

Poskan Komentar