kebutuhan dan keinginan

Kamis, 15 November 2007
kadang gw bingung saat dihadapkan dengan sebuah pilihan, saat itu gw mikir yang mana yg emang gw butuhin dan yang mana yg sekedar keinginan gw... saat itu terjadi, gw akan balik lagi mikir tentang apa sih tujuan gw sebenernya dan nurunin lagi langkah2 utk mencapai tujuan itu trus dibandingin sama pilihan yg gw punya...

tiba2 pada suatu hari (tepatnya lupa kapan) berlokasi di gelap nyawang (persisnya di cafe classic dody) gw ngumpul bareng beberapa orang kawan dan ngomongin soal kebutuhan dan keinginan, ternyata di dapat sebuah kesimpulan yang (sebenernya) cukup simpel.

kesimpulan itu berbunyi sbb: "saat lu dihadapkan dengan pilihan, itu pasti keinginan.. klo lu ga berhadapan dgn pilihan dan lu harus melakukan sesuatu maka itu berarti kebutuhan"...

misalnya kita berada dalam kondisi lapar, ga ada pilihan lain kita harus makan (berarti kebutuhan kita adalah makan) dan saat itu bisa aja kita dihadapkandengan pilihan "kita mau makan apa?", nah disitulah letak keinginan kita.

umumnya kebutuhan adalah suatu hal yg kita perluin utntuk bertahan hidup atau utk mencapai tujuan kita. klo dari pelajaran waktu SD dulu, yg gw maksud kebutuhan adalah "kebutuhan primer" dan keinginan adalah "kebutuhan sekunder, tersier, dan seterusnya..."

setelah kebutuhan utama kita tercapai, pasti akan ada kebutuhan2 susulan, misalnya kebutuhan primer kita adalah sandang, pangan, papan. kita ambil contoh yg sandang, atau pakaian.. menurut fungsi aslinya, pakaian tuh berguna untuk menutupi bagian tubuh (itu adalah kebutuhan utamanya) tapi lama kelamaan, pakaian juga berperan sebagai sarana mempercantik atau media penyampaian sesuatu (itu jadi kebutuhan susulan), seakan2 klo pake pakaian jelek maka harga diri akan jatuh, padahal menurut fungsi aslinya pakaian kan cuma utk nutupin badan biar anget atau nutupin aurat.. nah dalam kondisi kaya gitu, menurut gw, penutup aurat adalah kebutuhan.. dan sarana mempercantik atau media adalah keinginan

nah dengan deskripsi keinginan dan kebutuhan itu, yg pasti gw sih ngerasa jauh lebih mudah untuk nentuin pilihan dan jadi lebih nyaman dalam njalanin rangkaian hidup gw...

bergas bimo branarto
DAMAIroom Sociotech 'n Art, 141107


-------------------------------------------------------------------------------------

0 komentar:

Posting Komentar