cinta, apa itu?!

Sabtu, 06 Oktober 2007
Cinta..
Apaan sih cinta tuh?

Gimana klo dibandingin antara bedanya sayang dan cinta..
Sejauh yg udah gw telusuri, jawaban yg gw dapet tuh:
Sayang = perhatian, ingin memberi yang terbaik kepada si objek
Cinta = saat kita menikmati tanggung jawab terhadap objek
Objek bisa berarti semua hal, mungkin orang, mungkin juga kerjaan, atau kuliah, atau benda...

Keliatan dari definisi tadi, bedanya cinta dan sayang adalah tanggung jawab. Rasa sayang nggak bikin kita bertanggung jawab atas sesuatu, yang dirasakan hanya sejauh INGIN, baru sampai tahap kehendak. Saat bicara tentang cinta, kita telah masuk sampai tahap tanggung jawab, menjadi suatu hal yang wajib kita lakukan tapi kita tidak merasa terbeban dengan tanggung jawab itu..

Gimana ya, bingung juga nyampeinnya...

ada yg bilang cinta tuh pengorbanan, cinta itu buta, cinta itu indah, dan lain2.. hal2 itu tidak berarti kita cuma merasakan senang aja, pasti akan ada salah paham, akan ada beda pandangan tentang sesuatu, akan ada banyak hal lah yg bisa bikin perpecahan, tapi jika bicara mengenai cinta, semua hal itu ga akan jadi beban.. perbedaan2 itu akan bisa diterima dan selanjutnya dicari bareng2 gimana solusi utk masalah2 itu..

Saat itu kita akan melakukan semua hal utk menghadapi masalah2, yang dilihat orang luar adalah kita melakukan pengorbanan, tapi mungkin bahkan kita ga sempet menyadari klo itu adalah sebuah pengorbanan, karena kita akan inisiatif melakukan itu semua.

Makanya cinta ga harus selalu memiliki. Karena cinta emang ga harus dari 2 belah pihak. Salah satu pihak mungkin terlihat repot memperjuangkan kepentingan pihak lain pdhl pihak lain itu terlihat biasa aja. Tapi klo si pihak yg berjuang itu emang beneran cinta, dia ga akan mengeluh dan ga akan nganggep itu jadi beban. Itu adalah tanggung jawab dan dia menikmati itu...

Hmmm, mungkin kaya gitu nit...
Ga jelas ya? Gw baru kepikirannya pas balik dari KFC tadi sore, aneh ya...

DAMAIroom, 6 oktober 2007
Bergas bimo branarto


-------------------------------------------------------------------------------------

2 komentar:

nitz mengatakan...

mmmmmhhhh
mungkin ga lu ngerasain keduanya pada satu objek?
btw ko tb2 kepikiran kaya gni stlh dr kfc?
iya emang aneh,hehehehe

kania mengatakan...

kalau menurut saya..
orang bisa jatuh cinta. tapi gak bisa 'jatuh' sayang (hm, agak aneh, yaa,, didefinisikan sebagai tiba2 sayang).
menurut saya lagi,

cinta itu momen
sedangkan sayang itu sifatnya lebih platonis

Posting Komentar