bali first day

Senin, 13 Juni 2011


pacung, 10 juni 2011

dijemput sama supir ugal (ugal2an bener) , pak koming, yang udah 11 tahun kerja di balicamp. ugal2an bener, ga doyan jalan di jalur kiri, sukanya kalo ga di tengah ya di jalur kanan, sampe diteriakin orang mlulu.

di jalan, udah deket balicamp, tiba2 jalan macet bgt. seperti biasa sang supir ugal seolah-olah ga kena macet, langsung ambil jalur kanan maksa mobil/motor yang berlawanan arah untuk minggir. "ini daerah saya.", katanya. pas kebetulan lagi jalan di jalur kiri, sang supir ugal ketemu temennya, nanya tentang penyebab macet yang ga biasanya ini. dijawab sama temennya "hati2 pompa meledak!" sambil teriak.

di depan ada pom bensin. rame banget. banyak polisi, ada gegana. kita langsung lewat karena takut kalo sewaktu2 pom bensin meledak - biarpun masih blom tau ada apa sebenernya di sana.

sampe balicamp. jaraknya cuma beberapa meter dari pom bensin itu. nyampe sana nitip tas, langsung jalan2 :D foto-foto, gile tempatnya sama sekali ga kaya kantor. bener2 seperti villa.

begitu masuk langsung disambut sama kandang burung gede bener, masuk sedikit lagi langsung disambut sama amphiteater, setelah turun tangga amphi baru deh sampe di ruang kerja admin dan bos2, yang ky rumah peristirahatan (tanpa tempat tidur). turun lagi, isinya ruang2 kerja developer - kebagi 2 ruangan : tim arium dan tim pegadaian (dua unit project yang lagi dikerjain saat ini).

turun ke bawah lagi ada satu ruangan lagi milik tim pegadaian (yang di atas ga muat). ada meja makan bersama. turun ke bawah lagi ada meja pingpong. ke bawahnya lagi sampe di luar, ada kolam renang. dalemnya kira2 170an senti.

turun lagi dari sana ada modul2 kecil yang biasanya dipake sama developer2 untuk ngerjain proyek tertentu (kalo ruang kerja di atas udah penuh). tapi sekarang karena jumlah programmer yang sedikit, semua ruang di atas masih bisa mencukupi kebutuhan ruang, akhirnya modul2 kecil di luar itu ga kepake.

kata satpamnya jaman dulu pas lagi banyak programmer di sini, tiap modul naikin bendera. jadi dari jauh bisa keitung balicamp lagi ngerjain berapa proyek dengan ngeliat jumlah bendera yang dikibarin dari semua modul. seru gila! berasa benteng takeshi.

akhirnya setelah muter2 dan foto2 (foto belom bisa diupload karena ternyata kabel data henfon gw rusak), gw ke atas lagi untuk ketemu sama project manager yang akan jadi supervisor gw. si supir ugal dipanggil lagi sama beliau untuk nemenin gw cari kos. dapet kos persis di samping balicamp dengan harga sama dengan harga kosan pertama gw di bandung dulu.

cepet bgt urusan nyari kos ini. pak koming, yang emang orang sana dan kenal semua orang di sana (ngakunya sih gitu), langsung ngusulin 2 lokasi, gw pilih yang kedua: kamar lebih luas, lebih bersih. pemiliknya ada di warungnya di bawah, beberapa meter dari kosannya. begitu sampe si ibu pemilik kos langsung bilang ada 2 kamar, yg kamar mandi luar dan kamar mandi dalem, kamu mau yang mana? "yang di luar aja bu" ok yaudah, tu kuncinya di pak koming ya, bayarnya bisa sekarang atau besok atau lusa. trus udah deh. gw langsung udah punya kosan :D

beres2 bentar, terus makan, terus balik lagi ke balicamp. setelah perkenalan dengan semua orang yang ada di sana (ditemenin sama pak gede - pm gw) gw dibebasin mau balik ke kos atau stay liat2 di sana. akhirnya gw di sana utk nyari tempat, nyobain suasana kerja, nyobain internet, sambil kenalan lebih lanjut sama programmer2 di sana.

setelah nanya2 tentang project yang akan gw kerjain, dikasih tau tentang framework yang akan dipake nantinya, trus mulai nyari2 referensi dan instaler yang diperluin.

ga lama setelah itu rupanya ada upacara penyambutan untuk orang2 yang baru gabung. yaitu kenalan dengan kedalaman kolam renang dan ngukur seberapa dingin air dan udaranya (baca: diceburin ke kolam). luar biasa dinginnya, tapi seru gila hahaha. ada 8 trainee (termasuk gw) yang dapet kesempatan utk ikut di upacara itu.

suasananya akrab banget, sampe pak gede juga ikutan di sana motret2 sambil ketawa2 (bahkan dia yang pertama kali nyinggung tentang 'upacara' ini secara implisit ke gw sambil cengar cengir dan disambut dengan tatapan dan senyuman jahat dari semua programmer di sana).

upacara selesai, untung gw udah bawa baju ganti, mandi, trus balik ke ruang kerja. nglanjutin donlot dan nginstal2. ga kerasa ternyata udah jam 7. menurut kesaksian trainee2 yang udah duluan ada di sana, di balicamp bebas nginep, mau pulang silakan kalo ga juga gapapa. akhirnya gw jadi kuncen, yang pulang paling terakhir :D trus pas pulang nanya sama satpam yang jaga "pak, kalo nanti malem saya ga bisa tidur trus balik ke sini lagi boleh ga?" dia jawab "boleh, silakan aja, bebas."

trus gw jalan2 dikit, nyari makan. bapak warung (lupa nanyain namanya) lagi nonton tvri pidato sby tentang pembukaan pesta kesenian bali. sekalian nanya soal kejadian siang tadi di pom bensin.

ternyata ada orang naro bungkusan kardus di sana, katanya bungkusannya berat, susah diangkatnya. orang2 begitu sadar langsung panik dan nelpon polisi dan gegana. ternyata isinya kertas2 dan pompa air. entah apa maksudnya itu. yang pasti orang2 sini masih trauma dengan kasus bom bali. dan sebagian orang langsung mengkaitkan kejadian ini sama datengnya sby untuk mbuka pesta kesenian bali. entah. yang pasti gw ikut ngeri.



-------------------------------------------------------------------------------------

2 komentar:

osi mengatakan...

huaaaa bimm lu udah di balitoh?? pantes asa ga pernah liat!! :D (y iyalah =_=). Wihi kerjaan baru di tempat baru. Suksesya disana!!! :D

bergas bimo branarto mengatakan...

tengkyu osi.. mumpung masih muda, melanglang buana dulu :D

Posting Komentar