perlahan tapi pasti

Kamis, 17 Maret 2011
bergerak perlahan dengan pasti
di jalan datar yang berlumpur
sesekali terdengar geletar cemeti
diiringi teriakan lantang
si tua sais pedati


- si tua sais pedati - iwan fals

bergerak perlahan dengan pasti. menghemat tenaga, mengingat perjalanan masih sangat jauh. bergerak perlahan, menghayati tiap langkah kecil, mencoba menemukan pola dalam mekanismenya, mencoba menapak dengan kokoh dalam tiap ayunan langkah kaki.

do not fear 1000 moves practiced once, fear 1 move practiced 1000 times. - shaolin

bayi yang baru lahir ga mungkin langsung sanggup melompat. selain bahwa kakinya belom kuat bahkan untuk menapak, dia bahkan belom tau bagaimana cara untuk melompat. apa yang dia lakukan? mengamati sekitar, mencontoh, mempelajari, mencoba dan membiasakan diri dengan kegiatan2 dan kebiasaan2 di sekitar.

berpindah tempat adalah naluri alami, sebelum kakinya kuat menopang, yang dia lakukan adalah merangkak, mencoba membagi kekuatan di lengan dan kakinya, mendekatkan diri dengan bumi untuk secara perlahan (tanpa disadari) melatih kekuatan lengan dan kakinya. didorong rasa ingin tau yang tinggi, dia mencoba berpindah tempat terus sampai tanpa dia sadari lama kelamaan kakinya mulai kuat untuk menopang berat tubuhnya, dan ketika suatu saat kakinya melemah dan dia terjatuh, secara refleks lengannya (yang telah terlatih) akan berusaha menahan gerak jatuhnya, membentuk posisi yang telah dia kenali sebelumnya, yaitu merangkak.

kebiasaannya merangkak telah menjaganya dari benturan keras karena terjatuh. seolah sepele, cuma merangkak, tapi ternyata merangkak menjadi titik aman pertama dalam perjalanan survivalnya. dan proses demikian terus berulang sedemikian lama dengan urutan (rata2) merangkak-berjalan-berlari-melompat, yang masing2 akhirnya akan menjadi titik2 aman berikutnya. kata kuncinya: berulang, berurutan. unfinite looping.

dan tentu akan makan waktu lama sampai akhirnya si bayi tadi sampai menjadi atlit lari atau atlit lompat jauh. tapi itulah proses yang harus ditempuhnya. bergerak perlahan, menikmati tiap proses sampai terbentuk pola alaminya, terbentuk kekokohannya, terbentuk refleksnya.

tiap titik aman tadi adalah sebuah pencapaian. mari kita nikmati saja tiap tahap menuju tiap pencapaian itu. bergerak perlahan, tapi pasti.


-------------------------------------------------------------------------------------

1 komentar:

Anita Yuliana mengatakan...

selamat menikmati, bahagia selalu ya Bergas Bimo Branarto

Poskan Komentar