overload information

Kamis, 31 Juli 2008
pada dasarnya tiap orang bertujuan untuk memperoleh informasi untuk melangsungkan hidupnya.. informasi tersebut diolah sedemikian rupa untuk mendukung orang tersebut menjalani hidup ke arah tujuan yang dia inginkan..
informasi tersebar di berbagai tempat, di mana pun! tersebar begitu aja.. tinggal kita cukup peka untuk mengambil informasi tersebut atau tidak..

dari 2 kondisi itu, bisa disimpulin bahwa idealnya jumlah informasi yang kita raup berjumlah lebih sedikit dari keseluruhan informasi yang kita butuhkan, makanya kita terus mencari informasi..

hmmm,
sedikit curhat nih..
gw gabung ke 34 milis, minimal sekitar 16 milis tuh aktif terus tiap harinya,
nah gw ga bisa ngecek email tiap hari,
jadi kebayang dong banyaknya email dari berbagai milis itu yang nunggu utk dibaca..
kondisinya jadi kebalik, bukan lagi gw yg ngejar informasi tapi si informasi2 itu yang ngejar2 gw... hahaha
awalnya gw mikir (dengan bodohnya) utk tetep baca smua email yg masuk, bayangin ada lebih dari 300 email dalam 3 hari!!! gw ngejar utk baca smuanya biarpun terpaksa bacanya ngebut.. setelah dipikir2 gw ternyata ga dapet apa2 dari bacaan2 itu,, hahahaha

ya iyalah, bacanya aja diuber-uber gitu jadi ga fokus..

hmmm
sekedar saran:
1) jangan gabung ke terlalu banyak milis (apalagi klo cuma nyari info yg diluar bidang kegiatan kita)
2) baca yang emang penting utk kita tau aja, misalnya yg berhubungan ma kegiatan yg lagi kita lakukan atau utk motivasi kerjaan kita
3) rasa ingin tau yg tinggi tuh bagus, tapi harus disesuaikan juga sama efektifitas penyerapan dan pengolahan informasi yg bisa dilakukan otak kita

yeah!!


-------------------------------------------------------------------------------------

0 komentar:

Posting Komentar